Rp54 miliar, biaya pemakaman Thatcher

uang para wajib pajak inggris diperkirakan habis sebanyak rp54 miliar ataupun 3,6 juta poundsterling (1 poundsterling = rp15.000) untuk membiayai pemakaman mantan perdana menteri margaret thatcher.

data tersebut dikeluarkan oleh downing street, kamis, melalui rincian 2 juta poundsterling untuk kaum polisi yang sudah bertugas dan 1,6 juta poundsterling supaya meminta semua pengeluaran dalam luar itu.

meskipun data yang disebut pemerintah menyebut kasus 3,6 juta, perhitungan kasar total biaya dan dihabiskan supaya pemakaman pekan 2012 itu menyebabkan biaya sebesar 10 juta poundsterling serta rp150 miliar.

besarnya biaya yang dikeluarkan mencari para aktivis sayap kiri jauh meradang.

Informasi Lainnya:

mereka mengkritik pengeluaran para titan konservatif dalam tengah-tengah keputusan pemotongan belanja publik dan ditujukan supaya meminimalkan defisit anggaran belanja inggris.

dari dana 1,6 juta pounsterling, sekitar 1,1 juta poundsterling dimanfaatkan supaya petugas keamanan serta polisi, kata downing street.

sisanya 500 ribu poundsterling dimanfaatkan agar uang seremonial seperti st paulus katedral, resepsi setelah pemakaman juga undangan.

keluarga thatcher meminta uang bunga serta biaya pelaksanaan, yang angkanya tidak diumumkan.

thatcher, yang berkuasa di jangka waktu 1979-1990, terbukti merupakan tokoh dan paling dibenci dengan grup kiri jauh menarik saat hidup atau setelah meninggal dunia.

didorong oleh isu biaya sebesar 10 juta poundsterling yang dibutuhkan untuk pemakaman, beberapa demonstran meneriakkan kata-kata buang-buang uang pada prosesi pemakamannya, akan tetapi yang lain mengacungkan spanduk dengan tulisan besarnya dana itu.

thatcher merupakan satu-satunya perdana menteri hawa inggris dan terlama pada abad ke-20. dia meninggal dunia pada 8 april setelah terkena serangan stroke.

tokoh berusia 87 tahun itu memperoleh pemakaman seremonial dengan penghormatan militer penuh pada katedral st paul di london dalam 17 april.

dua kepala negara, 11 perdana menteri, 17 menteri luar negeri, serta pejabat yang mewakili 170 negara turut menghadiri upacara pemakaman.

menteri luar negeri william hague adalah tuan properti dalam Satu dari dua resepsi supaya perwakilan daripada negara-negara asing.

resepsi dan kedua diperuntukkan untuk sahabat juga keluarga thatcher juga perwakilan lembaga inggris. perdana menteri david cameron juga menteri senior lainnya menghadiri keduanya.

downing street menyatakan total biaya ingin diterbitkan dalam saatnya, juga berharap jumlah itu mau mendekati estimasi total.

inggris telah nyaris mengalami resesi putaran ketiga, biarpun baru mengalami defisit anggaran dan besar dan kuat, serta menambah tumpukan rekor utang, menurut data dipercaya pekan ini.

inggris terhindar dari jatuh ke resesi ketiga sejak krisis keuangan global di 2008 setelah ekonomi tumbuh sebesar 0,3 persen selama kuartal pertama.

sementara tersebut pinjaman bersih sektor publik mencapai 120,6 juta poundsterling dalam 12 bulan sampai akhir maret.

utang bersih sektor publik inggris mencapai rekor 1,186 triliun poundsterling pada maret, setara dengan 75,4 persen pilihan domestik bruto.