Legislator: desentralisasi pencetakan soal UN perlu dipertimbangkan

wakil ketua komisi x syamsul bachri berpendapat kiranya pemerintah mesti mempertimbangkan agar mengerjakan desentralisasi pencetakan soal ujian nasional di pelaksanaan dan ingin datang.

dari kejadian keterlambatan penyelesaian serta pendistribusian naskah soal sudah ada indikasi kiranya sentralisasi pengadaan soal un tidak mampu dilakukan. dengan itulah, aku pikir perlu desentralisasi. serahkan kepada percetakan daerah tapi diawasi dengan ketat dengan semua bagian, katanya pada jakarta, kamis.

menurut dia, beberapa pemerintah daerah sudah menungkapkan sanggup untuk mengerjakan pencetakan soal un untuk sekolah-sekolah selama wilayahnya tiap-tiap.

mereka mempunyai perusahaan percetakan yang memadai. maka, ini sebenarnya soal kepercayaan dan pengawasan saja, ujarnya.

Informasi Lainnya:

sementara tersebut, lanjutnya, substansi materi dan hendak diujikan bisa disiapkan dengan pemerintah pusat, yaitu melalui kementerian pendidikan juga kebudayaan.

hal tersebut, menurut syamsul, malahan mampu menekan biaya distribusi soal juga memudahkan proses pendistribusian.

ini pihak positifnya daripada desentralisasi, dengan dicetak pada daerah, dengan begini proses pengirimannya lebih segeralah karena lokasinya tidak jauh melalui tempat ujian anak-anak sekolah, katanya.

sebelumnya, tim kunker komisi x dpr meninjau langsung pelaksanaan un tingkat sma yang diundur, dan un smp di sulawesi selatan.

pada kesempatan tersebut, tim dan dipimpin wakil ketua komisi x syamsul bachri masih menjumpai semua kendala teknis di pelaksanaan un.

misalnya, dalam sma frater makassar, pihak sekolah terpaksa harus menambah sendiri persediaan lembar solusi makanya terjadi perbedaan standar selama bahan kertas soal juga lembar langkah awal un.