PM Palestina Fayyad mundur

perdana menteri palestina salam fayyad dengan dipercaya memberikan pengunduran dirinya terhadap presiden mahmud abbas di sabtu, papar seorang pejabat palestina.

fayyad bertemu abbas pada setengah jam di markas presiden pada ramallah di tepi barat juga secara resmi memberikan pengunduran tertulisnya, papar pejabat itu pada afp.

abbas dan fayyad sudah berselisih sebab kritik kebijakan ekonomi perdana menteri dan memuncak selama selama gerakan fatah yang berkuasa, sementara washington telah melobi keras terhadap ekonom berpendidikan as itu untuk tetap di posnya.

jumat, menteri luar negeri as john kerry menelepon abbas agar menekan dia mendapatkan kesamaan melalui perdana menteri, kata para pejabat palestina.

Informasi Lainnya:

desas-desus kiranya fayyad hendak mengundurkan diri atau disuruh mundur dengan abbas sudah marak pada beberapa pekan terakhir sesudah perbedaan berlarut diantara dua tokoh tersebut mengenai portofolio keuangan.

menteri keuangan nabil qassis mengumumkan selama 2 maret bahwa ia mengundurkan diri. fayyad menyetujui pengunduran diri tersebut namun abbas, dan berada di luar negeri dalam saat itu, menolaknya.

fayyad memegang portofolio keuangan dan perdana menteri sebelum penunjukan qassis selama mei lalu.

satu pertemuan dan direncanakan kamis di mana asli pejabat senior fatah mengatakan kiranya fayyad yang bermaksud untuk menyerahkan pengunduran dirinya ditunda sesudah washington bersikeras kiranya dia dan paling pas dijadikan perdana menteri.

pekan lalu, dewan revolusioner fatah untuk pertama kalinya dengan terbuka mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah fayyad.

otoritas palestina dipimpin abbas berada selama krisis keuangan yang serius, sebagian dibuat akibat dana asing dan dijanjikan belum dicairkan, biarpun kongres as diam-diam tidak memblokir 500 juta dolar as dalam bantuan bulan 2012.

masyarakat internasional memuji fayyad dengan mengembangkan kerangka kelembagaan untuk otoritas palestina di wilayah tepi barat dan berada dalam bawah kendalinya.

pengunduran dirinya mampu menghambat pelaksanaan kesepakatan melalui israel dan diumumkan menlu kerry pekan ini supaya mempromosikan pembangunan ekonomi pada tepi barat.