PBB khawatir konflik Rohingya meluas ke ASEAN

perserikatan bangsa-bangsa menyerukan kekhawatirannya di jumat selama jakarta mengenai kemungkinan meluasnya konflik etnis rohingya dalam myanmar ke negara lain pada kawasan asia tenggara.

persoalan konflik horizontal di myanmar mampu berimplikasi ke kawasan oleh karenanya persoalan itu memerlukan pendekatan regional, papar penasihat khusus sekretaris jenderal pbb supaya myanmar, vijay nambiar.

diantara implikasi regional tersebut merupakan bentrok antara pengungsi rohingya melalui nelayan ilegal myanmar yang terjadi di medan pada jumat dini hari dan menewaskan delapan orang dan melukai belasan yang lain.

sebanyak 117 pengungsi rohingya serta nelayan ilegal myanmar ditampung pada website dan sama, yakni rumah detensi belawan, sebuah kota pelabuhan di provinsi sumatera utara.

Informasi Lainnya:

the associated press, mengutip pernyataan daripada kepolisian lokal, mencatat kiranya insiden perkelahian tersebut dimulai saat pengungsi rohingya berdebat melalui para nelayan tentang konflik sektarian di negara asal mereka.

selain itu, persoalan regional lain dan muncul mengenai melalui nasib pengungsi rohingya dan membanjiri bangladesh dan negara-negara asia tenggara.

pengungsi-pengunsi itu selama umumnya tidak mendapatkan status kewarganegaraan pada negara dan dituju. malahan selama pilihan persentasi mereka mati kelaparan dalam sedang laut seperti dan terjadi di februari 2012.

konflik pada rohingya oleh karena tersebut membutuhkan penyelesaian dan menyertakan pendekatan regional, papar nambiar.

sementara itu di kesempatan yang sama, menteri luar negeri indonesia marty natalegawa menyatakan kiranya kondisi suatu negara dan tidak stabil dapat menjadi ancaman non tradisional bagi negara lain dalam kawasan dan sama.

dengan demikian, ketidakstabilan yang terjadi di myanmar akibat konflik horizontal mampu menjadi ancaman bagi negara-negara lain selama kawasan asia tenggara, termasuk dalam dalamnya indonesia.

pola ini dengan prinsip dan berlaku terhadap negara-negara pada asia tenggara, papar marty.

di myanmar sendiri, situasi masih memanas setelah terjadinya kerusuhan yang menewaskan 40 orang dalam kota praja meikhtila dalam pekan lalu.