Kontingen Garuda tetap jalankan misi di Darfur

duta besar ri untuk sudan, sujatmiko, menyatakan kiranya kontingen garuda hendak tetap mejalankan misi perdamaian dalam bawah bendera pbb atau united nations mission in darfur serta uni afrika pada darfur barat, sudan.

oh ya, sejauh ini tak masalah, dan pasukan kontingen garuda tetap berkomitmen membuka tugas penjaga perdamaian dalam negara sahabat indonesia itu, tutur dubes dr. sujatmiko yang dihubungi diantara daripada kairo, rabu.

dubes sujatmiko dimintai tanggapan terkait melalui laporan pilihan media massa internasional kiranya pemerintah sudan melarang pasukan penjaga unamid memasuki wilayah bergolak tersebut.

dubes menunjukan bahwa pasukan kontingen garuda dinilai oleh unamid serta khartoum amat baik di membuka tugas pas melalui agama dan sudah disepakati bersama.

Informasi Lainnya:

ditanya perihal laporan adanya pelarangan pemerintah sudan terhadap unamid agar memasuki darfur barat, dubes mempertanyakan catatan itu dan menegaskan bahwa pihaknya belum dengar keberadaan pelarangan.

pelarangan tersebut bersumber dari mana? bila filter akses ke wilayah tertentu, telah iya, itu sudah lama, terutama daerah-daerah yang dipandang sudan baru amat berbahaya, ujarnya.

disebutkan bahwa pembatasan akses itu khususnya wilayah dan masih banyak grup pemberontak dan tengah dipantau intensif oleh militer sudan, memang dibatasi bagi pasukan unamid.

alasannya sangat masuk akal sebab risikonya sangat tinggi bagi pasukan unamid. ini demi keamanan kaum personel penjaga perdamaian, ujar dubes sujatmiko.

sementara itu, indonesia sudah mengirim kontingen garuda bhayangkara (formed police unit/fpu) polri serta sekarang telah tahun ke empat (fpu-4).

nanti awal november 2013 hendak banyak penggantian kontingen garuda bhayangkara, fpu-5, tutur dubes.

ia menambahkan,sekarang dan sedang pada proses pengiriman Salah satu batalion tni berjumlah 800 personel ke darfur barat, diperkirakan tiba pada darfur pertengahan tahun ini.

di samping tersebut, kata dia, terkandung pula 20 personel penasihat dari polri (police advisor) serta 12 personel tni sebagai pengamat (military observer).