Dinkes: waspadai ispa dan diare saat pancaroba

dinas kesehatan kota yogyakarta mengingatkan warga supaya tetap mewaspadai sederat penyakit yang kerap muncul ketika musim pancaroba, semisal infeksi saluran pernapasan akut dan diare.

angka penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ispa) sata musim pancaroba kerap mengalami peningkatan, terlalu pula dengan diare. keuntungan ini berkenaan dengan berubahnya kondisi iklim daripada hujan ke kemarau, tutur kepala dinas kesehatan kota yogyakarta tuty setyowati dalam yogyakarta, selasa.

menurut tuty, upaya yang bisa diselenggarakan dengan masyarakat supaya tidak terserang kedua penyakit tersebut adalah menjaga pola hidup bersih serta terjamin kesehatannya dan meningkatkan daya tahan tubuh.

peningkatan daya tahan tubuh, lanjut dia, dapat dilaksanakan melalui memelihara pola makan dan seimbang, tidak mengonsumsi makanan yang begitu pedas, melakukan aktivitas olahraga secara teratur, serta beristirahat cukup.

Baca juga: Melangsingkan Badan - Obat Pelangsing perut - Melangsingkan Perut - Obat Pelangsing Badan

cuaca dan cukup panas akhir-akhir ini serta bisa menekan daya tahan tubuh. bila memang iklim cukup panas, ketika beraktivitas harus memakai pelindung. ataupun, apabila hujan menurun tiba-tiba, jangan nekat agar menerobos hujan, ujarnya.

ia menyatakan kiranya pola hidup bersih dan terjamin keamanannya, seperti terus memelihara kebersihan lingkungan, mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas ataupun sebelum makan, adalah kebiasaan dan mesti tetap dijaga.

selama musim pancaroba, kata tuty, penyakit hepatitis a dan dimungkinkan meningkat karena kondisi lingkungan dan kurang bersih.

jika telah tengah sakit, sebaiknya menggunakan masker dan menutup hidung dan mulut agar tak menularkan penyakit ke pihak lain. jika sudah harus istirahat, sebaiknya beristirahat, ujarnya.

sebelumnya, badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (bmkg) yogyakarta memprakirakan wilayah diy telah memasuki musim pancaroba mulai april.

namun, ada sederat daerah yang telah memasuki musim kemarau, yaitu kabupaten gunungkidul, sementara kota yogyakarta ingin memasuki kemarau pada akhir april, dan kabupaten kulon progo diprakirakan memasuki musim kemarau pada akhir mei.

meskipun rata-rata wilayah pada diy sudah memasuki musim pancaroba, bmkg tetap menyewa penduduk supaya waspada kepada meningkatnya potensi angin kencang selain masih kehadiran potensi hujan ekstrem saat sore dan malam hari.